10 Cara Mudah Untuk Kurangi Efek Radiasa Pada Ponsel Kita Sendiri

@anonymousPalsu - Pernah dengar bahwa hp bisa mengeluarkan radiasi yang efeknya sangat tidak baik untuk tubuh? Pada zaman sekarang, ponsel sepertinya tidak lagi menjadi kebutuhan tersier atau sekunder, tetapi sudah menjadi sebuah kebutuhan primer (yaitu kebutuhan utama).

Sebelum kita masuk ke topik utama, ada baiknya kita mengetahui apa-apa saja akibat yang ditimbulkan dari radiasi ponsel ini. Berikut adalah akibatnya:
  • tumor
  • alzheimer
  • parkinson
  • fatigue (terlalu capek)
  • sakit kepala
  • kanker

Namun, ada akibat pasti ada cara untuk mengurangi akibat tersebut. Nah, pada kesempatan kali saya coba untuk mengulas artikel mengenai cara mudah & cepat untuk mengurangi efek radiasi yang ditimbulkan oleh ponsel serta apa-apa saja akibat yang ditimbulkan dari efek rasiasi tersebut. Tanpa berpanjang lebar lagi, berikut adalah ulasan lengkapnya:

1. Hindari penggunaan HP dari anak-anak
Faktanya, bahwa ternyata otak anak-anak akan menyerap bahaya radiasi HP lebih cepat dan lebih banyak dari pada orang dewasa (yaitu mencapai 2 kali lipat), oleh sebab itu, hindari penggunakan ponsel untuk anak-anak.

2. Bergantian telinga  
Jangan menghabiskan terlalu lama menelpon dengan satu telinga. Gunakan telinga secara bergantian antara kiri dan kanan. Ini akan mengurangi paparan radiasi gelombang magnetik dan panas yang di keluarkan oleh ponsel.

3. Mengambil jarak  
Sebagian besar merek ponsel mencantumkan jarak antara pemakai dan ponselnya misalnya 15 milimeter dari tubuh. Belajarlah untuk tidak terlalu dekat dengan ponsel. Mungkin agak sulit untuk dilakukan pada awal, namun akan menjadi mudah bila sudah terbiasa.

4. Hindari penggunaan pada saat sinyal lemah  
Ponsel memancarkan radiasi pada frekuensi tinggi ketika sinyal lemah. Ini berarti Anda harus menghindari menggunakan ponsel ketika sinyal lemah untuk menghindari efek yang tidak di inginkan.

5. Gunakan hands-free/bluetooth  
Cara paling mudah untuk mengurangi dampak radiasi ponsel adalah menggunakan perangkat yang tidak langsung ke ponsel seperti hands free atau bluetooth. Cara ini menjauhkan pemancar sinyal dari otak di kepala, namun tidak bisa mencegah risiko impotensi selama masih di kantongi di celana. 

Perangkat bebas genggam nirkabel, misalnya bluetooth juga masih memancarkan radiasinya sendiri meski lebih sedikit.

6. Pegang bagian bawah  
Nah, untuk menghindari efek yang ditimbulkan oleh radiasi ponsel. Ada baiknya, pada saat menelpon jangan pegang bagian atas HP karena akan mengurangi sinyal, jika demikian maka HP akan membesarkan radiasinya

7. Jangan simpan ponsel di kantong baju/celana terlalu lama 
Otak bukan satu-satunya organ tubuh manusia yang terpengaruh oleh radiasi ponsel penelitian membuktikan radiasi bisa mempengaruhi kualitas sperma pria dan payudara pada wanita, untuk mengurangi risiko tersebut, sebaiknya ponsel di simpan di tas kecil yang bisa di jinjing ke mana-mana.

8. Gunakan casing antiradiasi  
Berbagai produk untuk mengurangi radiasi ponsel banyak di tawarkan di pasaran, mulai dari stiker antiradiasi hingga casing khusus untuk ponsel cerdas yang radiasinya cukup tinggi. Sebuah pengujian independen yang di lakukan majalah Wired menunjukan casing antiradiasi mampu mengurangi radiasi hingga 66,7 persen.

9. Jangan meletakan HP terlalu dekat ketika tidur  
Anda mungkin perlu alarm telepon untuk membantu bangun pagi-pagi. Tapi sebaiknya jangan meletakan ponsel terlalu dekat khususnya di dekat posisi kepala anda. Medan elektromagnetik dapat mengurangi produksi melatonin dalam tubuh yang dapat menyebabkan resiko peningkatan kangker dan penyakit lainnya.

10. Manfaatkan layanan pesan singkat/SMS  
Radiasi yang dipancarkan saat berkirim pesan lebih sedikit dibandingkan saat menerima atau melakukan panggilan suara. Selain itu, posisi ponsel saat berkirim pesan berada lebih jauh dari kepala dibanding saat telepon.  

Atau jika anda memang perlu bertelepon, ada baiknya membuat percakapan ponsel secukupnya. Jika percakan menjadi panjang, sebaiknya menggunakan telepon kabel daripada ponsel.

0 Response to "10 Cara Mudah Untuk Kurangi Efek Radiasa Pada Ponsel Kita Sendiri"