Inilah 2 Sistem Operasi PC/Laptop Yang Tidak Bisa Diserang Virus & Malware

@anonymousPalsu - Berdasarkan pengertian yang saya kutip dari laman Wikipedia Indonesia, Sistem operasi (Operating System) adalah seperangkat program yang mengelola sumber daya perangkat keras komputer, dan menyediakan layanan umum untuk aplikasi perangkat lunak. Sistem operasi adalah jenis yang paling penting dari perangkat lunak sistem dalam sistem komputer.


Tanpa sistem operasi, pengguna tidak dapat menjalankan program aplikasi pada komputer mereka, kecuali program aplikasi booting. Seperti yang kita ketahui, di dunia ini setidaknya kita mengenal 8 sistem operasi pc/laptop, diantaranya:
  1. DOS
  2. UNIX
  3. LINUX
  4. SOLARIS
  5. FreeBSD
  6. NovellOperatingSystem
  7. Mac OS (Untuk Komputer keluarga Apple)
  8. Microsoft Windows

Diantara sistem operasi yang ada, Windows lah yang memiliki paling banyak user di seluruh dunia. Dan merupakan sistem operasi yang paling populer. Hampir semua orang pernah memakainya. Beberapa versi Microsoft Windows yang terkenal: Microsoft Windows 98, 2000, Me, XP, Vista, Windows 7 dan yang paling terbaru adalah Windows 8 & Windows 8.1. Pada urutan kedua maupun ketiga dipegang oleh Linux serta Macintosh OS (untuk keluarga Apple).

Balik ke topik utama, kita di sini akan membahas Sistem operasi apa yang tidak pernah diserang virus/malware. Penasaran bukan? Sebelum membahas lebih jauh, kita akan coba untuk membahas OS Windows kembali.

Kepopuleran Windows menjadi OS pc/laptop idaman membuat banyak orang berlomba-lomba untuk membikin aplikasi jahat seperti virus atau malware. Nah, singkat kata "Windows adalah OS pc yang rentan terhadap serangan virus/malware".

Lalu, sistem operasi apa yang terbebas dari virus/malware? Jawabannya adalah Linux & AppleMacintosh (Mac OS).

Kenapa harus Linux & Mac OS? Alasannya simpel, karena kedua OS ini memiliki user yang lebih kecil dibandingkan Windows. Oleh sebab itu, kedua OS ini hampir tidak memiliki serangan virus yang berarti, karena orang "malas" untuk membuat virus/malware untuk dua OS ini (alasan utama: tidak memiliki user yang banyak).

Nah untuk anda yang memiliki pc/laptop & tidak ingin terserang virus ataupun malware, saya sarankan untuk berganti OS dari Windows ke Linux saja. Kenapa tidak Mac OS juga? Karena kita tidak bisa sembarangan mengubah OS laptop umum ke sistem operasi khusus untuk keluarga Apple ini, jadi kita hanya bisa menggunakan sistem operasi Linux saja.

Semoga membantu.

0 Response to "Inilah 2 Sistem Operasi PC/Laptop Yang Tidak Bisa Diserang Virus & Malware"