Permen Karet Yang Tak Sengaja Tertelan Akan Berakibat Apa Pada Tubuh?

@anonymousPalsu - Pernah secara tidak sengaja menelan permen karet? Bagaimana reaksimu? Pasti ada sedikit takut, bukan? Tetapi setelah membaca artikel ini mungkin ada sedikit rasa lega yang anda alami. Ada yang bilang kalau kita menelan permen karet, permen karet tersebut akan berada dalam perut (tepatnya di usus) selama bertahun-tahun, atau bahkan kita bisa meninggal dunia. 


Dan fakta membuktikan bahwa ternyata MITOS tersebut adalah salah besar. Kok bisa salah, penasaran? Berikut adalah penjelasannya yang lebih detail:

Permen karet sebenarnya terbuat dari karet dasar, pemanis dan penambah rasa serta pewarna. Karet dasar yang mudah dicerna biasanya terbuat dari campuran elastomer, resin, lemak, emulsifier maupun lilin.

Nah, sebenarnya perut memang tidak dapat memecah permen karet sebagaimana yang dilakukan terhadap bahan makanan lain (yang memiliki tekstur normal). Namun sistem pencernaan memiliki cara lain untuk menangani benda-benda yang Anda telan.


Usus akan terus bergerak dan menggerakkan permen karet hingga membuatnya melewati usus dan keluar dari ujung sistem pencernaan. Jadi, permen karet bisa berakhir ditoilet / wc dalam waktu satu atau dua hari kemudian. Meskipun permen karet lengket, tapi biasanya tidak bisa mengalahkan kekuatan yang dimiliki usus (salute dengan buatan tuhan).


Air ludah akan berupaya mencerna permen karet segera setelah benda lengket itu dimasukkan ke dalam mulut. Meskipun yang dicerna kebanyakan adalah pemanis dan tambahan lainnya, tapi banyak juga bahan dasar permen karet yang ikut dicerna.


Kemudian permen karet akan turun ke otot perut, yang berkontraksi seperti gerakan cacing tanah, yang kemudian perlahan-lahan memaksanya melewati sistem pencernaan. Namun permen karet bisa berbahaya bila yang tertelan dalam jumlah banyak atau dalam ukuran yang besar dan dalam waktu yang singkat.


Kondisi ini bisa menyebabkan penyumbatan dalam sistem pencernaan, yang paling sering terjadi pada anak-anak karena saluran pencernaannya berdiameter kecil. Tapi kasus tersebut sangat jarang terjadi. (sedikit aman)


Lalu, hal apa yang seharusnya dilakukan jika kita tidak sengaja tertelan permen karet?
  1. Segera minum air putih yang banyak. Hal ini menghindari agar permen karet tidak menutup kerongkongan yang menyebabkan tersedak, terutama pada anak-anak.
  2. Untuk dapat  mempercepat pengeluaran permen karet dari dalam tubuh, juga bisa dibantu dengan memakan makanan (seperti nasi yang digumpal dengan ukuran cukup besar). 
  3. Kenapa harus makan? Karena makanan akan membantu mendorong permen karet sehingga gerakan peristaltik dari usus semakin cepat mengeluarkannya dari tubuh.
  4. Semoga bermanfaat.

0 Response to "Permen Karet Yang Tak Sengaja Tertelan Akan Berakibat Apa Pada Tubuh?"