Sejarah Bagaimana Kompor Bisa Dibuat di Dunia

PUSAT MEDIA CARA | Sejarah Bagaimana Kompor Bisa Dibuat di Dunia - Hai kawan pengunjung setia Pusat Media Cara semuanya. Bagaimana kabar anda hari ini? Sehat? Semoga selalu tetap sehat dan fit yah, Aamiin. Selamat datang saya ucapkan kepada anda di blog yang sederhana ini yaitu www.pusatmediacara.blogspot.com. Blog ini InsyaAllah  akan selalu kami update setiap harinya demi kepuasan anda dan memberikan Informasi dan Artikel menarik. Bukan hanya itu, blog ini juga berisi berbagai Tips dan Tutorial. Silakan simpan alamat blog www.pusatmediacara.blogspot.com atau Anda bisa bookmark (masukan ke penanda) agar bisa mengunjungi lain waktu ke blog ini dengan mudah."kalimat pembuka dari Pusat Media Cara sekaligus salam kenal kepada pengunjung setia www.pusatmediacara.blogspot.com semuanya".

Sejarah Bagaimana Kompor Bisa Dibuat di Dunia

Ketika peradaban manusia dimulai, api sudah banyak dikenal manusia untuk mengolah makanan mentah menjadi makanan yang matang. Bangsa Timur sudah lebih dulu mengenal kompor atau lebih tepatnya tungku seperti Jepang, Korea, dan China daripada bangsa barat.

Di China, Tengku api yang terbuat dari tanah liat sudah ada sejak jaman Dnasti Qin (221-206/207 SM). Desainnya mirip dengan kamado di Jepang pada periode Kerajaan Kofun di abad 3 sampai 6. Sementara Kamado sendiri mempunyai bentuk kotak persegi yang mengurung api dengan lubang di atasnya untuk menaruh panci, dan mempunyai tinggi sekitar lutut orang dewasa. Bahan bakar yang digunakan yakni kayu atau batubara yang dimasukkan dari lubang di bagian depan. Kamado terus digunakan hingga periode Kerajaan Edo (1603-1867) dan mengalami perkembangan.

Penduduk Eropa pada masa abad pertengahan, masih memasak secara terbuka dengan kayu baker. Berkembang kemudian dengan membuat lantai yang lebih rendah untuk memasak. Selanjutnya dikenal pula memasak dengan menggunakan perapian dari susunan batu. Kemudian perapian dibuat setinggi pinggang dilengkapi cerobong asap agar dapat digunakan memasak sambil berdiri. Panci memasak diletakkan persis di atas api, digantung dengan tiang atau kaki tiga. Untuk mengatur panas tinggal menaikkan atau menurunkan posisi panci.

Sejarah Kompor di Dunia

Pada tahun 1849 barula Kompor Minyak Tanah Portable mulai dikenakan oleh Alexis Soyer.

Sejarah Bagaimana Kompor Bisa Dibuat di Dunia

Kompor ini bertekanan udara yang dicampur dengan minyak tanah (mirip dengan kompor pedagang kaki lima jaman dulu). Sedangkan kompor yang lainnya adalah kompor minyak tanah yang tidak bertekanan karena menggunkan sumbu kompor. Namun, terkait penemuan kompor ini, tidak diketahui secara pasti kapan ditemukan.

Kompor gas pertama kali dibuat pada tahun 1820, namun masih dalam bentuk eksperimen dan bersifat rahasia.
Baru benar-benar muncul pertama kali pada World Fair di London tahun 1851. Mulai tahun 1880 kompor gas semakin dikenal masyarakat luas dan berkembang secara komersial, walaupun agak terhambat karena pertumbuhan jaringan pipa yang lamban.

Pada 20 September 1859, George B. Simpson di Washington DC, Amerika Serikat mematenkan kompor listrik yang menggunkan pemanas dari kumparan.
Prinsipnya, energi listrik diubah menjadi energi panas lewat kumparan.
Seiring perkembangan jaman, di tahun 1970 muncul ide untuk menggantikan kumparan kawat dengan glass-caramic, sehingga kompor termuktahir saat ini tidak berbau, berasap, dan ringkas.

Kemudian muncul kompor gas yang disebut AGA Cooker pada Tahun 1922. Meski demikian sampai saat ini kompor yang diciptakan oleh pria berkebangsaan Swedia yang juga penerima Nobel Prize Gustaf Dalen ini masih populer.


Nah, Seiiring dengan perkembangan zaman, kompor – kompor gas yang diciptakan pun mulai beragam dan bervariasi dengan menambah fitur / fungsi tambahan untuk mempelancar proses memasak. Tidak hanya bentuk dan fitur kompor  gas saja yang berubah, sekarang banyak yang berlomba – lomba menciptakan kompor dengan sumber tenaga lainnya. Yang pastinya, kedepannya memasak akan semakin mudah.

Nah itulah Sejarah dan Perkembangan Kompor yang sempat saya bagikan kepada kawan-kawan pengunjung setia Pusat Media Cara. Semoga dapat bermanfaat dan bisa menjadikan referensi dan tambahan ilmu bagi kita semua. Jika artikel tersebut diatas masih ada yang kurang, silahkan tambahkan komentar dibawah untuk kita diskusikan bersama.

Atau mungkin Anda memiliki kiat bermanfaat lainnya selain ini? Anda dapat membagikannya dengan memberikan komentar di bawah ini.

Sekian dulu postingan saya kali ini, bagikan ke akun sosial media anda agar kawan anda yang lain juga dapat mengetahui dan mencobanya. Jangan lupa nantikan postingan saya selanjutnya. Wassalam.

0 Response to "Sejarah Bagaimana Kompor Bisa Dibuat di Dunia"