Kumpulan Soal dan Jawaban Olimpiade Biologi: Biologi Sel Molekuler, Mikrobiologi & Bioteknologi

Kumpulan Soal dan Jawaban Olimpiade Biologi: Biologi Sel Molekuler, Mikrobiologi & Bioteknologi. Berikut ini kumpulan soal dan jawaban olimpiade biologi sebagaimana kami kutipkan dari buku International Biology Olympiad, Soal dan Pembahasan, Tim Olimpiade Biologi Indonesia:


Pada soal dan pemabahasan Olimpiade Biologi ini, berisi materi antara lain sebagai berikut:

Dibawah ini adalah kumpulan soal sekaligus jawaban pembahasan osn sma bidang biologi baik itu osk, osp maupun osn nasional yang akan selalu di update. Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Atas, Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan setiap tahun selalu menyelenggarakan Olimpiade Sains Nasional (OSN) Tingkat SMA bidang Matematika, Fisika, Kimia, Biologi, Komputer, Astronomi, Kebumian, Ekonomi, dan Geografi.

Berdasarkan hasil-hasil yang telah diperoleh peserta Indonesia dalam mengikuti Olimpiade internasional serta  tingkat kesukaran soal yang dilombakan/diolimpiadekan dalam Olimpiade  tersebut, perlu dilakukan penjaringan siswa unggul dan berbakat,  pembinaan yang lebih intensif, khususnya siswa SMP/MTs (kelas IX), SMA/MA (kelas X dan XI) mulai dari tingkat Sekolah, Kabupaten/Kota, Provinsi sampai Nasional. Pemenang Tingkat Nasional akan menjalani pembinaan dalam rangka menyiapkan tim yang akan mewakili Indonesia dalam Olimpiade Internasional.
 

SOAL dan Pembahasan OSK OSP OSN Biologi SMA

Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah  Atas, Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah, Kementerian  Pendidikan dan Kebudayaan telah melakukan berbagai kegiatan dalam rangka  pengembangan bakat dan minat siswa SMA dalam ilmu pengetahuan dan  teknologi. Kegiatan tersebut dilakukan dalam berbagai lomba/ Olimpiade  baik nasional maupun internasional. Upaya kegiatan lomba ini diharapkan  dapat meningkatkan minat siswa dalam menguasai ilmu-ilmu dasar dan  bahasa asing serta membina sikap, perilaku, dan budi pekerti luhur.
 Salah satu program Direktorat pembinaan Sekolah Menengah atas (SMa),  Direktorat Jenderal pendidikan Dasar dan Menengah, Kementerian  pendidikan dan Kebudayaan tahun 2017 adalah melaksanakan Olimpiade Sains  nasional (OSN) yang terdiri atas 9 (Sembilan) bidang keilmuan, yaitu:  Matematika, Fisika, Kimia, Informatika/Komputer, Biologi, astronomi,  ekonomi, Kebumian, dan geografI.
 Tujuan pelaksanaan OSN adalah untuk memfasilitasi dan memotivasi siswa  yang mempunyai bakat di bidang sains, sehingga para siswa dapat  meningkatkan kemampuan mereka sesuai dengan bidang ilmu yang diminatinya  dan menjaring siswa calon peserta Olimpiade Sains tingkat  Internasional. Kegiatan ini juga sekaligus dapat membentuk  sikap/karakter siswa yang jujur, disiplin, sportif, kreatif, serta  menjalin persahabatan dan berbagi pengalaman (sharing) antar sesama  siswa sehingga dapat meningkatkan mutu pendidikan
Berikut adalah Soal Olimpiade Bidang Biologi, silahkan didownload:

 Download SOAL dan Pembahasan OSK, OSP, OSN BIOLOGIi SMA Setiap Tahun

Anda bisa mendownload soal dan pembahasan osn dibawah ini :


OSK OSP ON SMA Bidang Biologi Tahun 2017

OSK OSP ON SMA Bidang Biologi Tahun 2016

OSK OSP ON SMA Bidang Biologi Tahun 2015

OSK OSP ON SMA Bidang Biologi Tahun 2014

OSK OSP ON SMA Bidang Biologi Tahun 2013

Download Soal Jawaban Pembahasan OSN Biologi SMA Tingkat Kabupaten  

Download Soal Jawaban Pembahasan OSN Biologi SMA Tingkat Provinsi 

Download Soal Jawaban Pembahasan OSN Biologi SMA Tingkat Nasional 


0 Response to "Kumpulan Soal dan Jawaban Olimpiade Biologi: Biologi Sel Molekuler, Mikrobiologi & Bioteknologi"