Pinang Nokia, Pertanda Microsoft Gagal Bersaing Di Pasaran?

@anonymousPalsu - Seperti yang kita ketahui, bahwa beberapa waktu lalu Nokia resmi 'dipinang' oleh Microsoft, untuk menjadi pendampingnya. Banyak analis yang menduga keputusan Microsoft mengakuisisi Nokia adalah akibat kegagalan Microsoft dalam memenangi segmen pasar smartphone. CEO Microsoft beberapa tahun lalu kurang yakin kalau segmen pasar smartphone akan naik daun seperti sekarang ini. Tidak disangka-sangka.

Microsoft lebih banyak fokus pada pengembangan aplikasi berbasis Windows dan perangkatnya di PC. Padahal bukan hanya PC yang trendnya bergerak cepat sejalan dengan trend teknologi di dunia IT. Bisa jadi saat itu CEO Microsoft menganggap persaingan PC dengan smartphone tidak apple to apple. Padahal keduanya (PC dan smartphone) saling beririsan di pasar yang sama.

Pasar smartphone semakin berkibar sejak populernya social media dikalangan pengguna smartphone. Ditambah lagi dengan berbagai inovasi teknologi yang dipimpin oleh pendiri Apple, Steve Jobs, serta munculnya OS mobile terbaru Android (diduga awalnya hanya contekan dari iOS).

Dua gebrakan ini (inovasi Apple dan Android) membuat para pengembang smartphone dan aplikasi mobile secara berjamaah bedol desa ke platform anyar tersebut. Dalam waktu singkat komunitas Android mengalahkan para pemain lama.

Microsoft akan bangkit dengan kapal layar baru berbendera Nokia dengan mesin Windows Phone. Sekalipun orang-orang tidak banyak yang pilih Windows Phone (untuk saat ini), tapi Microsoft masih kebanjiran royalti dari para pengembang Android.

Dikutip dari laman rumpitekno dengan beberapa perubahan.

0 Response to "Pinang Nokia, Pertanda Microsoft Gagal Bersaing Di Pasaran?"