Ilmu Gratis & Ilmu Berbayar, Lebih Bermanfaat Yang Mana?

@anonymousPalsu - Dengan adanya sebuah ilmu, membuat seorang manusia lebih bisa berfikir panjang, dibandingkan dengan manusia yang tidak pernah menerima ilmu sekali pun. Dengan adanya sebuah ilmu juga lah membuat hidup kita lebih bisa dikendalikan, betapa berharganya sebuah ilmu.


Nah, pada kesempatan kali ini saya akan coba untuk mengulas sebuah artikel yang berkaitan dengan ilmu. Bukan pengetahuan, namu hanya sebuah hasil pengamatan saya sendiri. Karena kali ini saya akan coba untuk membahas perbandingan manfaat dari ilmu gratisan & ilmu yang memiliki harga.

BAGUSAN MANA?
Tidak ada yang bagus dan tidak ada yang buruk, semua jenis ilmu (gratis & berbayar) itu sebenarnya sama, sama-sama berharga. Namun faktanya, ilmu gratisan dianggap 'oleh sebagian orang' kalah bermanfaat dibandingkan ilmu yang punya harga.

KENAPA BISA?
Logika saja, jika kita mendapat ilmu yang gratis dengan ilmu yang berbayar, pasti kita akan lebih 'serius' untuk mempelajari & memahami sebuah pesan tersirat dari ilmu yang berbayar dibandingkan ilmu yang gratis. Padahal, jika difikir-fikir ilmu berbayar itu tak berbeda jauh dengan ilmu yang gratis (untuk segi manfaat).

APA BUKTINYA?
Buktinya sederhana saja, jika anda memiliki kegiatan di sekolah negeri pada pagi sampai siang hari, kemudian sore/malamnya dilanjutkan dengan les private/les di tempat yang cukup elite. Maka, anda akan lebih 'serius' untuk memahami & menguasai materi yang diberikan di mana? Sekolah atau les private/les di tempat elite?

FAKTANYA
Pasti anda akan lebih 'serius' untuk memahami materi dari tempat les elite/les private (yang memiliki biaya cukup besar) bukan?. Padahal, materi yang diberikan sama saja, dan solusi untuk menyelesaikan soal dari masing-masing pelajaran tidak ada bedanya (kalau pun ada, hanya sedikit saja bedanya).

Coba bandingkan lagi dengan hal lainnya (yang berkaitan dengan 'masalah harga' dari sebuah ilmu), pasti ilmu berbayar akan anda manfaatkan dengan sebaik-baiknya dan sebenar-benarnya.

0 Response to "Ilmu Gratis & Ilmu Berbayar, Lebih Bermanfaat Yang Mana?"