Selamat Menapaki Hari Jadi Ke 242 Tahun, Pontianak! [#PTK242]

@anonymousPalsu - Seperti yang kita ketahui, bahwa Pontianak adalah ibu kota Provinsi Kalimantan Barat, Indonesia. Kota ini juga dikenal dengan nama 坤甸 (Pinyin: Kūndiān) oleh etnis Tionghoa di Pontianak. Kota ini dikenal sebagai Kota Khatulistiwa karena dilalui garis lintang nol derajat bumi.

Di utara kota ini, tepatnya Siantan, terdapat Tugu Khatulistiwa yang dibangun pada tempat yang dilalui garis lintang nol derajat bumi. Selain itu, Kota Pontianak juga dilalui Sungai Kapuas, sungai terpanjang di Indonesia serta Sungai Landak. Sungai Kapuas dan Sungai Landak yang membelah kota disimbolkan di dalam logo Kota Pontianak.

Kota Pontianak didirikan oleh Syarif Abdurrahman Alkadrie pada hari Rabu, 23 Oktober 1771 (14 Rajab 1185 H) yang ditandai dengan membuka hutan di persimpangan Sungai Landak, Sungai Kapuas Kecil, dan Sungai Kapuas Besar untuk mendirikan balai dan rumah sebagai tempat tinggal. Pada tahun 1778 (1192 H), Syarif Abdurrahman dikukuhkan menjadi Sultan Pontianak. 

Letak pusat pemerintahan ditandai dengan berdirinya Masjid Jami' (kini bernama Masjid Sultan Syarif Abdurrahman) dan Istana Kadariah yang sekarang terletak di Kelurahan Dalam Bugis, Kecamatan Pontianak Timur. [Wikipedia]

Dan sudah bisa ditebak, bahwa pada hari ini tepatnya tanggal 23 Oktober 2013, Pontianak menapaki hari jadinya yang ke 242 tahun! Wah, umur yang cukup panjang ya? Bagaimana tidak, ternyata Pontianak sudah berdiri selama hampir 2,5 abad. Bahkan, pada HUT kali ini terdapat keunikan tersendiri, apa keunikannya? Keunikannya adalah HUT-nya jatuh pada hari rabu! Yups, hari dimana Pontianak pertama kali didirikan!

Semoga saja dipertambahan usia nya kali ini Pontianak semakin maju, dan pembangunannya merata seperti di Jawa. Hal positif akan selalu didambakan oleh West Borneo, untuk sang ibu kota tercinta.

0 Response to "Selamat Menapaki Hari Jadi Ke 242 Tahun, Pontianak! [#PTK242]"